5 Makhluk Mitologi ini Konon Ada di Indonesia

Garuda, Makhluk Mitos di Indonesia
Garuda, Makhluk Mitos di Indonesia

Negara kita adalah negara yang kaya akan budaya. Mulai dari Sabang sampai Merauke, kamu akan menemukan cerita-cerita soal makhluk mitologi yang melegenda di tiap daerahnya. Namun, meski hanya sebatas mitos, banyak loh ternyata masyarakat kita yang masih percaya dengan makhluk-makhluk mitologi ini. Bahkan banyak yang takut akan kehadirannya.

Penasaran makhluk mitologi Indonesia seperti apa? Yuk simak ulasan kami!

  • Ebu Gogo dari Flores

Makhluk mitologi yang satu ini dipercaya hidup di pulau Flores. Menurut bahasanya, Ebu berarti nenek dan Gogo berarti pemakan segala. Dari dua kata tersebut dapat disimpulkan kenapa makhluk yang digambarkan memiliki tinggi yang nggak lebih dari satu meter dengan tubuh yang ditutupi bulu ini disebut Ebu Gogo. Menurut masyarakat Flores, makhluk kecil ini memiliki sifat jahat dan rakus. Ia bahkan kerap bisa menyantap bayi manusia dengan lahapnya. Nggak heran kalau dinamakan “nenek pemakan segala”.

  • Ahool dari Jawa Barat

Pertama kali muncul dalam laporan Dr. Ernest Bertels, seorang ahli ilmu burung, pada tahun 1925, Ahool digambarkan sebagai makhluk yang mneyerupai kelelawar. Memiliki sayap yang membentang sepanjang 12 kaki, makhluk yang satu ini jelas ditakuti. Oleh masyarakat sekitar, Ahool diperkirakan hidup di sekitar lereng pegunungan Salak. Sebuah tempat yang memang masih jarang dijelajahi mendalam oleh manusia. Oh iya, makhluk mitologi ini disebut Ahool karena suaranya. Saat hendak muncul, ia selalu mengeluarkan suara “ahooooooool” yang memekakkan telinga.

  • Warak Ngendog

Mitos soal Warak Ngendog ini erat kaitannya dengan kota Semarang. Ia dinilai sebagai simbol pemersatu kerukunan warga Semarang, bahkan sejak sebelum kota Semarang didirikan. Ia digambarkan sebagai seekor naga kecil yang membawa telur. Namun tak sembarang naga, bentuk dari Warak Ngendog ini sejatinya adalah perpaduan 3 budaya. Kepalanya adalah Naga dari etnis Cina, badannya digambarkan mirip Buraq sesuai dengan budaya Arab, dan keempat kakinya adalah milik Kambing, khas kebudayaan Jawa.

  • Garuda

Makhluk mitologi yang satu ini sudah pasti dikenal oleh hampir seluruh rakyat Indonesia. Namun, sedikit berbeda dengan Garuda Pancasila yang kita kenal, Garuda makhluk mitologi ini sebenarnya adalah kendaraan Dewa Wisnu dalam ajaran Hindu. Berkepala layaknya burung elang, berbadan manusia, tubuhnya berwarna emas, wajahnya berwarna putih dan sayapnya berwarna merah. Garuda digambarkan gagah dan perkasa. Ukuran tubuhnya pun tak main-main. Ia digambar memiliki tubuh yang sangat besar. Saking besarnya, ia bahkan bisa menghalangi matahari!

  • Orang Bati dari Pulau Seram

Kamu yang tinggal di pulau Seram pasti familiar dengan makhluk mitologi yang satu ini. Orang Bati dikatakan memiliki bentuk tubuh seperti kera, namun bersayap seperti kelelawar. Makhluk ini juga digambarkan memiliki tinggi 1,6 meter dengan warna tubuh merah menyala. Menurut penuturan masyrakat pulau Seram, Orang Bati tinggal di wilayah Gunung Kairatu. Ia hanya keluar pada malam hari guna mencari anak kecil untuk makanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *