Menyelami Kehidupan Sang Ratu Musik

Beyonce Knowles, Mantan Anggota Grup Destiny's Child
Beyonce Knowles, Mantan Anggota Grup Destiny’s Child

Siapa tak kenal Beyonce Knowles. Sang Quuen Bey. Ia bukan penyanyi yang bergelimang gosip. Popularitas Beyonce didulang prestasi. Dalam sejarah Grammy Awards saja, ia merupakan orang ketiga yang memboyong paling banyak piala. Dari total 46 nominasi Grammy Awards, Beyonce memenangkan 17 penghargaan.

Disebut-sebut, Beyonce merupakan selebriti kedua yang paling banyak mendapat penghargaan, setelah Michael Jackson, idolanya. Penghargaan didapatnya saat solo karier maupun bersama Destiny’s Child.

Tahun 2014, Time pernah memasukkannya dalam deret 100 orang paling berpengaruh di dunia. Majalah Forbes juga menganggap Beyonce salah satu selebriti paling berpengaruh. Mengalahkan suaminya sendiri, Jay Z, dan Oprah Winfrey.

Beyonce mulanya hanya gadis biasa yang dilahirkan di Houston, Texas, pada 4 September 1981. Ayahnya, Matthew Knowles, yang belakangan menjadi manajer Beyonce, merupakan seorang manajer penjualan di sebuah perusahaan. Sedang ibunya, seorang penata rambut yang memiliki salon sendiri.

Bakat Beyonce sudah diketahui sejak kecil. Saat SD, ia mengikuti kelas menari. Kemampuan menyanyinya muncul ke permukaan secara tak sengaja. Saat instruktur tarinya menyenandungkan sebuah lagu, tanpa sadar Beyonce menuntaskannya.

Tak sekadar menyanyikan sampai akhir, nadanya pun sempurna. Ia bahkan tak kesulitan mencapai nada-nada tinggi. Di usia 7 tahun, ia bisa mengalahkan remaja berumur 15 sampai 16 tahun dalam sebuah kompetisi menyanyi di sekolah. Sejak itu, ia selalu dimasukkan ke sekolah dengan kekhususan di bidang musik.

Namun, itu tak membuat Beyonce langsung berkibar sebagai musisi bertalenta. Bersama grup gadis-gadis remaja bernama Girl’s Tyme, ia pernah gagal dalam kompetisi pencarian bakat di televisi. Usai itu, ayah Beyonce memutuskan mundur dari pekerjaannya dan menggarap serius Girl’s Tyme.

Kelompok itulah yang menjadi cikal bakal Destiny’s Child, tempat Beyonce pertama mengembangkan kariernya. Girl’s Tyme berganti nama menjadi Destiny’s Child di tahun 1996, dan dengan segera mencapai puncak popularitas. Sayang, tahun 2001 grup itu memutuskan membiarkan masing-masing personelnya bersolo karier.

Pada 2002, akhirnya Beyonce masuk dapur rekaman. Debut solonya merupakan duet dengan Jay Z dalam album 03 Bonnie & Clyde.

Setahun setelahnya, Beyonce merilis album solo pertama: Dangerously in Love. Di dalamnya, ada pula duet Beyonce dan Jay Z. Setelah Dangerously in Love, hanya butuh tiga tahun bagi Beyonce untuk meluncurkan album kedua, B’Day. Album itu dirilis bersamaan dengan ulang tahun ke-25 Beyonce.

Setelah itu, album-album musik Beyonce bermunculan. Terakhir, 2013 lalu ia meluncurkan album bertajuk namanya sendiri: Beyonce.

Infotainment mencatat, kerja sama Beyonce dan Jay Z dalam 03 Bonnie & Clyde merupakan awal kedekatan keduanya. Beyonce juga pernah muncul sebagai model video klip untuk Jay Z, memerankan kekasihnya. Tahun 2008, akhirnya keduanya memutuskan menikah.

Beyonce akhirnya mengandung sekitar tahun 2011. Kehamilannya itu diumumkan melalui cara yang tak biasa. Saat tampil bersama Jay Z di MTV VMA 2011, Beyonce melakukan hal tak terduga. Ia meletakkan microphone-nya, dan membuka blazer-nya. Dengan lembut, Beyonce lalu membelai perutnya.

“Malam ini saya ingin kalian merasakan cinta yang tumbuh di dalam tubuh saya,” katanya. Pengumuman kehamilan itu langsung dicatat Guinness World Records sebagai tweet terbanyak dalam satu acara. Bagaimana tidak, Twitter menerima hampir 9000 unggahan per detik berkaitan dengan itu.

Kata ‘Beyonce Pregnant’ juga menjadi hal yang paling banyak dicari dalam Google selama akhir Agustus 2011.

Akhirnya, Beyonce melahirkan pada 7 Januari 2012. Putrinya diberi nama Blue Ivy Carter. Sejak kecil, ia sudah dilimpahi kasih sayang. Sang ayah langsung mendedikasikannya sebuah lagu. Dunia sempat penasaran akan wajah Blue Ivy karena Beyonce menjaga ketat kehamilan dan proses melahirkannya. Namun akhirnya, Blue Ivy ditampilkan di hadapan publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *